Readership

Guest online

Followers

followers on facebook

site info

07 Januari 2010

KALEIDOSKOP LAZIO 2009 (November-Desember)


Lazio mengakhiri tahun 2009 dengan luar biasa. Ya, tim asal kota ibukota Italia ini sukses merengkuh 2 gelar bergengsi di Italia, yakni Coppa Italia 2008/2009, dan Super Coppa Italiana 2009.
Namun hal itu berbeda dengan nasib mereka di liga. Lazio sempat terseok-seok di paruh kedua Serie A musim 2008/2009, dan paruh pertama musim 2009/2010. Lazio juga mengalami banyak kejadian menarik di tahun ini, apa sajakah itu?
Mari kita lihat kejadian-kejadian itu di Kaleidoskop Lazio 2009 dalam artikel di bawah ini yang merupakan hasil kerjasama antara Laziale for Laziale dan IndieLaziale.


November

2 November 2009
Lazio kembali gagal meraih tiga angka untuk kesembilan kalinya usai tertahan 1-1 di kandang Siena.

3 November 2009
Setelah sukses melalui babak fase grup, timnas Uruguay U-17 yang diperkuat oleh striker muda Lazio Gonzalo Barreto, kini maju ke babak 16 besar dan akan berhadapan dengan Kolombia pada hari Rabu (4/11). Namun sayang, Barreto tak dapat membela timnya usai mengalami cedera saat Uruguay berhadapan dengan Korsel di matchday pertama.

5 November 2009
Lazio kini melirik pemain berusia 23 tahun asal Kroasia, Kristian Ipsa. Pemain yang memiliki tinggi 186 cm ini berposisi sebagai bek dan saat ini bermain di Superliga Denmark bersama Midtjylland sejak tahun 2007.

6 November 2009
Lazio dibantai 1-4 di El Madrigal oleh Villareal dalam lanjutan matchday ke-4 grup G Europa League 09/10. Kekalahan tersebut diwarnai kartu merah kepada Baronio dan 5 kartu kuning kontroversial kepada pemain-pemain Lazio. Nasib Ballardini pun dipertanyakan saat itu.

6 November 2009
Kepala Media dan Komunikasi Lazio, Stefano De Martino, telah mengeluarkan pernyataan kepada pers, menyusul Biancocelesti terlihat dirugikan sang pengadil lapangan, pada saat mereka dibantai 1-4 oleh Villareal.

6 November 2009
Sinisa Mihajlovic yang dikait-kaitkan akan menjadi pengganti posisi Atzori sebagai pelatih Catania, kini juga menjadi calon kuat pengganti Ballardini di Lazio usai kekalahan 1-4 Lazio atas Villareal.

6 November 2009
Fabio Firmani berharap untuk berbaikan dengan klub dan kembali ke dalam tim. Ia juga ikut dibekukan setelah perselisihan kontrak musim panas lalu.

8 November 2009
Kali ini, giliran Milan yang menumbangkan Lazio di Olimpico. Dua gol Milan hanya mampu dibalas oleh gol bunuh diri Thiago Silva. Skor 2-1 membawa Lazio turun ke posisi 16, atau dua tingkat di atas zona degradasi.

9 November 2009
Setelah menderita kekalahan dari AC Milan di kandang sendiri, Lazio menyatakan akan menggelar pemusatan khusus, atau ritiro selama sepuluh hari atau selama jeda internasional usai sesi latihan Rabu (11/11).

10 November 2009
Gagal mendapat tempat di Argentina, Zarate mulai mempertimbangkan opsi lain, yaitu pindah kewarganegaraan.

10 November 2009
Tiberio Cavalleri, agen pemain tengah Lazio Pasquale Foggia, memaparkan kekecewaan karena kliennya mendapatkan kurangnya kesempatan bermain yang diberikan oleh pelatih Davide Ballardini.

10 November 2009
Bruno Giordano, pelatih Messina sekaligus mantan pemain Lazio berharap bisa menggantikan Ballardini kelak.

10 November 2009
Sidang pertama kasus pemutusan kontrak Pandev seharusnya dilakukan pada Senin pagi di depan Komite Yudisial FA Italia, kota Milan. Namun kini, sidang telah ditunda hingga 17 November.

11 November 2009
Ketegangan antara Zarate dan Curva Nord berlanjut. Zarate menambah suasana menjadi panas setelah melakukan selebrasi usai gol bunuh diri Thiago Silva saat Lazio takluk 1-2 atas Milan. Namun saat jumpa pers, Zarate mengungkapkan permintaan maafnya kepada ribuan tifosi Lazio tersebut.

11 November 2009
Lazio digosipkan berniat menukar Ledesma dengan gelandang Napoli yang juga menjadi anggota timnas Italia U-21, Luca Cigarini.

11 November 2009
Sergio Zarate, kakak dan agen Mauro Zarate, mengatakan Lazio akan menjadi klub mediocre tanpa Mauro Zarate.

11 November 2009
Bekas pelatih Napoli yang kini mengasuh Hajduk Split, Edy Reja mengaku telah dihubungi oleh Lazio untuk menggantikan Ballrdini.

13 November 2009
Agen dari gelandang Napoli, Luca Cigarini mengatakan bahwa kliennya mengaku bahagia bersama Napoli dan tak pernah berpikir untuk pindah.

13 November 2009
Presiden FIGC, Giancarlo Abete mengaku terkejut dengan pernyataan Sergio Zarate yang mengungkapkan bahwa klien sekaligus adiknya, Mauro Zarate akan mempertimbangkan dirinya untuk berkostum timnas Italia.

13 November 2009
Pemain yang selama ini diasingkan Lazio, Goran Pandev mencetak dua gol melalui titik putih bagi Makedonia, saat negaranya itu mengalahkan Kanada (13/11) dengan skor 3-0 dalam laga uji coba.

14 November 2009
Lazio dikabarkan sedang menaruh minat pada seorang bek berkebangsaan Norwegia, Vegard Forren.Pemain kelahiran 16 Februari 1988 itu berposisi sebagai bek central, dan saat ini bermain di klub Norwegia, Molde FK.

14 November 2009
Lazio terus mengejar bek Gremio, Balikka Humberto Alves. Direktur Lazio, Igli Tare bahkan telah terbang ke Brazil untuk menemui agen sang pemain guna membicarakan perihal kelanjutan transfer tersebut.

17 November 2009
Dilansir Puntosport.net, Inter saat ini sedang melirik bek Lazio, Aleksandar Kolarov. Dikatakan, Inter berniat menawari bek asal Serbia itu sebesar 20 juta Euro ditambah peminjaman penyerang muda mereka Marko Arnautovic.

17 November 2009
Bek Gremio yang saat ini diincar Lazio, Rever Humberto Alves, mengatakan dirinya ingin tetap di Gremio dan tidak berniat meninggalkan klubnya itu.

17 November 2009
Eks gelandang Lazio, Sergio Conceicao resmi pensiun dari sepakbola setelah menjalani pertandingan terakhir bersama klub Yunani, PAOK, Senin (16/11). Conceicao selanjutnya menempati posisi di klub tersebut sebagai direktur teknik.

19 November 2009
Usai gantung sepatu, eks gelandang Lazio Sergio Conceicao mengungkapkan isi perasaannya terhadap Lazio yang kini terseok-seok di papan bawah.

19 November 2009
Kiper Lazio yang saat ini dipinjamkan ke klub Spanyol, Real Zaragoza, Juan Pablo Carrizo masuk ke dalam 10 kandidat peraih gelar 'Bidone d'Oro' (Golden Bin) 2009, salah satu penghargaan yang didedikasikan untuk pemain terburuk di Liga Italia.

21 November 2009
Bekas Presiden Lazio, Sergio Cragnotti mengungkapkan bahwa Lazio melakukan kebodohan saat membeli Mauro Zarate dari klub Qatar dengan harga 20 juta euro. Menurutnya, jika dirinya presiden Lazio, dia punya cara berbeda untuk menguatkan pasukan Lazio.

21 November 2009
Kepada Violanews.it, agen dari kapten Lazio Tommaso Rocchi, Oscar Damiani membantah bahwa Rocchi berniat meninggalkan Lazio untuk beralih ke Fiorentina pada Januari mendatang.

24 November 2009
Usai melakukan ritiro, Lazio bertandang ke San Paolo. Sayangnya Lazio hanya bisa bermain imbang tanpa gol dengan Napoli. Wasit yang menjadi korban tendangan Kolarov musim lalu memimpin pertandingan ini. Di sisi lain, Kolarov kembali menambah korban tendangannya di laga ini. Kejadian lainnya adalah perseteruan antara Julio Cruz dan bek Napoli, Leandro Rinaudo.

24 November 2009
Manajemen Palermo akhirnya menunjuk mantan pelatih Lazio, Delio Rossi sebagai pengganti Walter Zenga di kursi pelatih klub.

25 November 2009
Cristian Ledesma akhirnya bergabung bersama tim utama dalam latihan di Formello, pada Rabu pagi.

25 November 2009
Mantan kiper Primavera Lazio sedang melakukan trial bersama klub Prancis, Nice. Kiper Prancis itu meninggalkan Lazio dua bulan lalu setelah memutus kontrak.

26 November 2009
Empat incaran Lazio yang saat ini bermain di Liga Brazil, Miranda (Sao Paulo), Balikka Humberto Alves aka Rever (Gremio), Paulo Henrique (Santos) dan Hernanes (Sao Paulo), masuk ke dalam kandidat pemain terbaik Liga Brazil tahun 2009.

27 November 2009
Pemain kelahiran Finlandia, Mehmet Hatemaj yang saat ini sedang dipinjamkan ke klub Serie B, AlbinoLeffe, mengungkapkan klub favoritnya adalah Lazio.

28 November 2009
Tim Primavera Roma membungkam Primavera Lazio dengan skor 2-0, dalam laga derby pada Sabtu sore. Dua gol anak-anak muda Trigoria di cetak oleh Bertolacci dan Zambrella masing-masing pada menit ke-40 dan ke-69.

29 November 2009
Gelandang Lazio Cristian Ledesma sudah tak merasa betah di klub. Ia telah mantap untuk memutus kontraknya di Lazio.

29 November 2009
Lazio dikabarkan akan meminjamkan gelandang mereka, Eliseu yang digaet dari Malaga Juni lalu pada jendela transfer Januari mendatang. Menurut Corriere dello Sport, Bari, Bologna dan Siena mengaku tertarik pada pemain.

29 November 2009
Dua tim Serie A, Lazio dan Napoli telah mengajukan banding terhadap skorsing tiga pertandingan yang dihadapi striker Lazio, Julio Cruz dan bek Napoli, Leandro Rinaudo. Mereka terlibat dalam sebuah perseteruan saat kedua tim bertemu pada hari Minggu lalu, di San Paolo.

30 November 2009
Lazio yang berharap meraih kemenangan pertama di Serie A Italia sejak tiga bulan terakhir, tak juga bisa mewujudkannya dalam laga kontra Bologna kemarin, Minggu. Keduanya bermain imbang 0-0. Cruz absen di laga ini karena mendapat skorsing dilarang tampil sebanyak 3 pertandingan.


Desember

1 Desember 2009
Presiden Lazio, Claudio Lotito bersikeras untuk tetap mempertahankan pelatihnya, Davide Ballardini. Orang nomor satu di Formello ini terus memberikan dukungan kepada Ballardini.

1 Desember 2009
Mantan Striker Lazio, Marco Di Vaio percaya bahwa Le Aquile dapat menunjukkan permainan berbeda ketika mereka akan bentrok dengan Roma dalam tajuk derby della Capitale pada akhir pekan.

1 Desember 2009
Nasib striker Lazio Goran Pandev segera ditentukan. Menurut Lalaziosiamonoi, sidang dengar pendapat pertama atas kasus kontrak Goran Pandev dengan Lazio akan digelar 11 Desember 2009.

2 Desember 2010
Lazio harus mengucapkan selamat tinggal kepada Europa League. Kekalahan 1-2 atas Red Bull Salzburg, membuat tim asuhan Davide Ballardini menutup segala peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Pasalnya, kekalahan ini disertai dengan kemenangan 2-0 Villareal atas Levski Sofia di Sofia.

3 Desember 2010

Dalam konferensi persnya, Ballardini menolak dituding akan menentukan masa depannya sebagai pelatih Lazio pada laga derby.

3 Desember 2010
Calciomercato.com mengklaim sekitar 30 pendukung Lazio melampiaskan kekecewaan mereka setelah tim yang mereka sayangi ditekuk Red Bull Salzburg 2-1.

4 Desember 2010
Legenda Roma, Giuseppe Giannini telah menyatakan dia tidak akan pernah menjadi pelatih Lazio, meskipun dikaitkan dengan posisi tersebut.

4 Desember 2010
Wasit asal Mirandola, Nicola Rizzoli ditunjuk FIGC sebagai pemimpin laga Derby della Capitale akhir pekan ini. Rizzoli adalah salah satu orang yang pernah membuat kapten salah satu tim di laga nanti, Francesco Totti kesal tak karuan.

4 Desember 2010
"Kini kami harus memusatkan perhatian ke liga, karena di hari Minggu kami akan menjalani laga krusial. Menurut saya Lazio akan tampil luar biasa nanti. Tunggu saja Minggu malam," demikian ungkap Rocchi menjelang laga derby.

5 Desember 2010
Direktur Lazio Igli Tare menyanggah kalau pihaknya telah dilaporkan membujuk pemain bintang Palermo, Antonio Nocerino pada bursa transfer pemain Januari mendatang.

5 Desember 2010
Mauro Zarate meradang, pemain andalan Lazio tersebut membantah dengan berita yang menyebut transfernya ke Lazio disebut sebagai sebuah langkah ilegal.

6 Desember 2009

Totti: "Lazio difavoritkan karena mereka bermain buruk dan berada dalam situasi yang lebih buruk dari kami. Mauro Zarate pemain bagus, tapi ia bukan seorang juara."

6 Desember 2009
AS Roma tampil sebagai pemenang dalam Derby della Capitalle. Dalam duel di Stadion Olimpico, Minggu, Roma menaklukkan rival satu kota Lazio 1-0. Gol tunggal Marco Cassetti sudah cukup untuk membawa AS Roma memenangkan laga derby nan prestisius kontra Lazio.

8 Desember 2009
Seorang Laziale bernama Bruno Mauri memberikan ide agar Lazio mengambil Giovanni Trappatoni untuk menggantikan Davide Ballardini di kursi pelatih Lazio.

8 Desember 2009
Mengenai pengganti Ballardini, sebuah kabar mengatakan eks Lazio Fernando Orsi menjadi kandidatnya.

8 Desember 2009
Dua klub Roma, Lazio dan AS Roma, harus membayar denda karena ulah nakal fans mereka di akhir minggu.

10 Desember 2009
Dua pemain Lazio yakni, kapten Tommaso Rocchi dan Pasquale Foggia dikabarkan sedang didekati Palermo.

12 Desember 2009
Presiden Palermo Maurizio Zamparini menyanggah kabar pertukaran striker Edinson Cavani dengan gelandang Lazio, Pasquale Foggia.

12 Desember 2009
Majalah Lazialita memberikan hadiah kepada pembaca setianya yakni 'Kalender Lazio 2010'.

13 Desember 2009
Lazio akhirnya mampu meraih poin penuh di Serie A musim ini setelah menundukkan Genoa dengan skor 1-0 di Olimpico, lewat gol tunggal Aleksandar Kolarov. Biancoceleste tak pernah meraih kemenangan dalam 3 bulan terakhir dan mereka benar-benar berjuang keras untuk mengakhiri rekor buruk mereka. Tapi kemenangan harus dibayar mahal menyusul kartu kuning kepada Zarate, yang membuatnya tidak akan tampil saat Lazio melawan Inter di giornata selanjutnya.

13 Desember 2009
Gol Kolarov ke gawang Genoa adalah gol ke-3000 Lazio di Serie A.

16 Desember 2009
Sebuah video dalam situs youtube memperlihatkan presiden Lazio, Claudio Lotito sedang tersenyum usai gol AS Roma ke gawang Lazio saat kedua klub bertemu pada tahun 1999.

16 Desember 2009
Daftar klub yang menginginkan Goran Pandev makin panjang. Setelah Juventus dan Inter, Milan akhirnya ikut berusaha mendapatkan striker Lazio asal Makedonia itu.

16 Desember 2009
Gelandang Juventus, Felipe Melo mengalahkan 9 pesaingnya dalam ajang penghargaan pemain terburuk Serie A atau yang disebut Bidone d'Oro tahun 2009. Kiper Lazio yang sedang dipinjam Zaragoza, Juan Carrizo menduduki peringkat ke-9 dalam ajang itu.

16 Desember 2009
Direktur Lazio Igli Tare menepis kabar soal kepindahannya. Dia menjanjikan bahwa dirinya, bek kiri Aleksandar Kolarov, serta striker Tommaso Rocchi tak akan hengkang dari Biancocelesti pada bursa transfer Januari nanti.

17 Desember 2009
Juventus, Inter dan Tottenham Hotspur akan berlomba mendapatkan striker Lazio, Goran Pandev.

17 Desember 2009
Striker Lazio, Mauro Zarate berharap lawatan timnya ke San Siro untuk menatang Inter Milan pada akhir pekan, dapat melanjutkan kebangkitan Lazio. Zarate sendiri tidak bisa tampil di laga itu karena akumulasi kartu kuning.

17 Desember 2009
Fernando Muslera mengungkapkan isi hatinya yang ingin terus bersama Lazio.

17 Desember 2009
Menurut Lazialita.it, Lazio diisukan sedang mendekati bekas striker Barcelona, Maxi Lopez. Striker kelahiran 1984 asal Argentina ini saat ini bermain bersama Gremio.

18 Desember 2009
Lazio dipermalukan 1-0 oleh Levski Sofia ketika tampil di laga pamungkas penyisihan grup Liga Europa di Stadio Olimpico.

19 Desember 2009
Ballardini tepis rumor Giovinco ke Lazio.

20 Desember 2009
Satu hari sebelum laga melawan Inter, Pasquale Foggia mengalami cedera lutut saat latihan.

21 Desember 2009
Lazio kembali menelan kekalahan. Kali ini Inter menjungkalkan mereka di San Siro dengan skor 1-0. Lazio pun menutup akhir tahun 2009 dengan menduduki peringkat 16.

22 Desember 2009
Lazio kini dikabarkan sedang mendekati striker yang saat ini membela Genoa, Sergio Floccari.

22 Desember 2009
Gelandang Pasquale Foggia yang mengalami cedera saat latihan satu hari sebelum laga Inter melawan Lazio (20/12), sukses menjalani operasi.

22 Desember 2009
Eks pemain, asisten pelatih, dan pelatih Lazio Roberto Mancini, secara mendadak menggantikan posisi Mark Hughes sebagai pelatih Manchester City.

23 Desember 2009
Mantan striker Barcelona yang kini tengah membela Gremio, Maxi Lopez mengaku dirinya sama sekali belum dihubungi pihak Lazio.

23 Desember 2009
Agen Julio Cruz, Jorge Cyterszpiler mengisyaratkan bahwa kliennya bisa saja meninggalkan Olimpico.

23 Desember 2009
Ujung tombak Lazio Goran Pandev mengeluarkan pernyataan yang menyerang presiden Biancocelesti Claudio Lotito sebelum pertemuan petinggi klub untuk menentukan sikap atas keinginannya meninggalkan klub tersebut.

23 Desember 2009
Pandev akhirnya berhasil memutuskan kontraknya bersama Lazio, dan bebas mencari klub baru pada Januari nanti.

24 Desember 2009
Goran Pandev yang akhirnya mengakhiri mimpi buruk bersama Lazio mengungkapkan isi perasaannya saat itu.

24 Desember 2009
Dilansir Calciomercato.it, dua pemain Lazio yang jarang mendapatkan kesempatan bermain bersama tim di lapangan, Albano Bizzarri dan Eliseu dikabarkan hampir pasti meninggalkan Olimpico.

25 Desember 2009
Lazio kembali mempertimbangkan untuk memboyong pemain bertahan milik Cagliari Michele Canini pada bursa transfer pemain Januari mendatang.

25 Desember 2009
Aleksandar Kolarov berharap Lazio harus berupaya mempertahankannya jika tak ingin kehilangan dirinya.

25 Desember 2009
Striker Goran Pandev dilaporkan bakal menjadi pemain terbaru yang akan bergabung dengan Inter Milan pada Januari mendatang.

25 Desember 2009
Hanya sehari setelah kehilangan Goran Pandev, penggemar Lazio memiliki alasan lain untuk merasa khawatir di bursa transfer musim dingin karena berpeluang kehilangan Tommaso Rocchi ke raksasa Rusia Zenit St Petersburg.

25 Desember 2009
Upaya Juventus menggaet gelandang Lazio Cristian Ledesma di jendela transfer pemain musim dingin mendapat rintangan dari Napoli.

26 Desember 2009
Radio Gaucha mengklaim, Wanda Nara membujuk suaminya Maxi Lopez agar menerima tawaran pindah ke Roma.

28 Desember 2009
Moratti yang berniat meminjamkan Mattia Destro sebagai kompensasi dari mereka yang mendapatkan Pandev, ditolak oleh presiden Lazio, Claudio Lotito. Pasalnya, Lotito lebih membutuhkan pemain tengah ketimbang striker.

28 Desember 2009
Catania tertarik pada bek raksasa Lazio, Modibo Diakite.

28 Desember 2009
Dalam sebuah surat terbuka kepada fans Lazio, Goran Pandev memberikan beberapa penjelasan penting.

28 Desember 2009
Harian La Gazzetta dello Sport, melansir klub asal kota Milano, Internazionale serius untuk mendatangkan bek Lazio, Aleksandar Kolarov untuk keluar dari Olimpico. Mereka menawarkan harga 8 juta euro plus gelandang Rene Khrin.

28 Desember 2009
Transfer Kolarov dari Lazio ke Inter sepertinya akan terhambat. Il Corriere Dello Sport mengklaim Lazio memutuskan untuk tidak akan menjual murah aset berharga mereka, Aleksandar Kolarov.

28 Desember 2009
Gelandang Lazio, Christian Ledesma yang kemungkinan akan menjalani sidang pemutusan kontrak pada Januari, diakui agennya belum mendapat kontak dari klub yang mengincarnya, Juventus.

28 Desember 2009
Kepada ESPN, striker Lazio, Mauro Zarate mengatakan bahwa kapten AS Roma, Francesco Totti sudah habis.

29 Desember 2009
Setelah liburan Natal, Lazio sudah memulai kembali latihan hari Senin. Dalam latihan tersebut, ada pemain baru yang menarik perhatian, demikian TMW. Dialah Gonzalo Barreto, pemain asal Uruguay berusia 17 tahun, yang didatangkan September lalu oleh Lazio.

29 Desember 2009
Pandev berada di Makedonia untuk menjalani sesi latihan pribadi agar tetap fit begitu Serie A bergulir 6 Januari mendatang.

29 Desember 2009
Maxi Lopez segera menentukan pilihan dalam beberapa hari ini dan sudah siap membahasnya dengan Gremio, demikian Laziosiamonoi.

30 Desember 2009
Presiden Genoa, Enrico Preziosi telah mengkonfirmasi bahwa striker Inter David Suazo akan bergabung dengan klub, sementara Sergio Floccari akan menuju ke Lazio. Kedua pemain akan berstatus pinjaman, dengan opsi pembelian pada akhir musim.

30 Desember 2009
Pelatih baru Catania, Sinisa Mihajlovic mengungkapkan keinginannya mendatangkan dua pemain dari Lazio, yakni Pasquale Foggia dan Modibo Diakite, demikian Itasportpress.

30 Desember 2009
Tomasso rocchi membantah berita yang mengatakan dia akan pergi dari Lazio.

31 Desember 2009
Setelah serangan oleh striker Lazio tersebut kepada Totti dengan mengatakan bahwa "Totti sudah habis", kapten Roma merespon dengan ironi melalui situs pribadinya.

31 Desember 2009
Gianluca Tirone dan Fabrizio Toffolo mengumumkan di Radio 6, bahwa festival untuk memperingati hari jadi Lazio ke 110 pada tanggal 9 Januari nanti akan diselenggarakan di Grand Theater di Viale Tor di Quinto.

Grazie 2009! Buon Anno 2010!

Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Copyright 2009-2010 © Laziale for Laziale All Rights Reserved