Readership

Guest online

Followers

followers on facebook

site info

06 Desember 2009

Data Derby della Capitale


Roma - Lazio akan menghadapi AS Roma dalam laga Derby della Capitale akhir pekan dalam pertandingan yang termasuk dalam pertemuan paling panas di Italia juga Eropa seiring rivalitas suporter kedua kubu.
Selain mampu menyedot ribuan suporter untuk memadati stadion, laga ini sering diwarnai insiden-insiden kekerasan bahkan dalam beberapa tahun terakhir, kedua kubu suporter saling berbalas ejekan dengan spanduk-spanduk berbau rasisme.
Dua insiden paling fatal pernah mewarnai derby ini.
Pertama terjadi di tahun 1979 ketika mata fans Lazio, Vincenzo Paparelli terkena lemparan peluru suar suporter Roma dari sisi seberang stadion yang mengakibatkan ia meninggal, menjadikan insiden tersebut aksi kekerasan pertama yang membawa korban jiwa di sepak bola Italia.
Insiden lainnya terjadi ketika di tahun 2004 tiga orang pimpinan Ultras atau suporter garis keras Roma masuk ke lapangan dan mengancam kapten Giallorossi, Francesco Totti. Sebelum laga tersebut suporter Roma juga menyebar isu bahwa seorang anak terbunuh oleh polisi di luar stadion, menyebabkan pertandingan harus dihentikan.
Selain insiden kekerasan, laga ini juga menjanjikan partai yang menarik dan keras di atas lapangan.

Berikut beberapa data statistik seputar Derby della Capitale:
- Derby della Capitale telah menghadirkan total 161 laga, 130 di antaranya terjadi di ajang Serie A. Roma masih memegang keunggulan dengan meraih 58 kemenangan, kalah 44 kali dan 59 kali laga berakhir imbang.

- Dari total laga tersebut, Roma berhasil membukukan total 193 gol ke gawang Biancoceleste, sementara Lazio melesakkan total 160 gol ke jala Giallorossi.

- Derby pertama di Serie A terjadi pada 8 Desember 1929, di mana Roma menang 1-0 lewat gol Rodolfo Volk. Lazio baru memenangkan derby pertama mereka di Serie A empat tahun kemudian tepatnya pada 23 Oktober 1932 dengan skor 2-1.

- Pada 29 November 1953, derby dilangsungkan kali pertama di Stadio Olimpico dan berakhir dengan hasil imbang 1-1.

- Hasil terbaik dalam derby ini adalah saat Roma menekuk Lazio 5-0 di musim 1933-1934. Sementara untuk Lazio, hasil terbaik direngkuh di musim 2006-2007 ketika mereka melibas Roma 3-0.

- Francesco Totti memainkan laga derby paling banyak dengan 27 kali penampilan. Sementara Aldo Pulcinelli dan Giuseppe Wilson bermain paling banyak untuk Lazio dengan memainkan 19 laga.

- Dino Da Costa dan Marco Delvecchio dari Roma menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di laga derby ini dengan torehan 9 gol. Pencetak gol terbanyak di kubu Lazio adalah Silvio Piola dengan 6 gol.

- Vincenzo Montella memegang rekor sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan derby ini, yakni ketika mencetak 4 gol saat Roma menang 5-1 pada 10 Maret 2002.

- Satu-satunya pemain yang mencetak gol di laga derby ini baik untuk Lazio maupun Roma adalah Arne Selmosson.

- Hanya terdapat sedikit pemain yang bermain untuk kedua klub karena tingginya rivalitas yang menyebabkan mereka sering menjadi bahan olok-olok suporter. Mereka adalah Fulvio Bernardini, Luigi Di Biagio, Attilio Ferraris IV, Diego Fuser, Lionello Manfredonia, Sinisa Mihajlovic, Angelo Peruzzi, Arne Selmosson dan Sebastiano Siviglia

Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Copyright 2009-2010 © Laziale for Laziale All Rights Reserved